Jumat, 09 April 2010

Berkomunikasi Dengan Bahasa Indonesia Setara Tingkat Semenjana


STANDAR KOMPETENSI


Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia setara tingkat Semenjana



KOMPETENSI DASAR

  1. Menyimak untuk memahami lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang lazim/baku dan yang tidak
  2. Menyimak untuk memahami informasi lisan dalam konteks bermasyarakat
  3. Membaca cepat untuk memahami informasi tertulis dalam konteks bermasyarakat
  4. Memahami informasi tertulis dalam berbagai bentuk teks
  5. Melafalkan kata dengan artikulasi yang tepat
  6. Memilih kata, bentuk kata, dan ungkapan yang tepat
  7. Menggunakan kalimat yang baik, tepat, dan santun
  8. Mengucapkan kalimat dengan jelas, lancar, bernalar, dan wajar



INDIKATOR

  • Reaksi kinetik (menunjukkan sikap memperhatikan, mencatat) terhadap lafal, tekanan, intonasi dan jeda yang lazim/baku dan yang tidak
  • Komentar atau ungkapan lisan terhadap lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang lazim/baku dan yang tidak
  • Pengidentifikasian sumber informasi sesuai dengan wacana
  • Pencatatan isi pokok informasi dan uraian lisan yang bersifat faktual, spesifik, dan rinci
  • Pengenalan ragam/laras bahasa
  • Pembedaan proses dan hasil dengan memperhatikan ciri atau penanda kata/kalimat
  • Membaca cepat permulaan (120-150 kata) per menit
  • Membaca cepat lanjutan dengan menerapkan teknik meminadai (scanning) dan layap (skimming) sehingga mencapai 230-250 kata per menit
  • Membuat catatan pokok-pokok isi bacaan sesuai dengan cara/teknik membuat catatan
  • Menjelaskan bagian bacaan tertentu secara rinci
  • Mengidentifikasi sumber informasi dengan menggunakan cara/teknik membaca cepat untuk pemahaman
  • Mencatat isi pokok informasi dengan menggunakan cara/teknik membaut catatan yang benar
  • Mengidentifikasi jenis teks (narasi, deskripsi,dan eksposisi) dengan menggunakan cara/teknik membaca cepat untuk pemahaman
  • Memilih fakta dan opini dengan menggunakan cara/teknik membuat catatan
  • Memilah proses dan hasil dengan menggunakan cara/teknik membaca cepat dan cara/teknik membuat catatan
  • Menceritakan kembali informasi dari masalah yang telah teridentifikasi
  • Mengungkapkan gambar, bagan, grafik, diagram, atau matriks secara verbal
  • Mengubah informasi verbal ke dalam bentuk nonverbal
  • Menyimpulkan informasi yang termasuk pendapat/opini
  • Mengucapkan kata dengan suara yang jelas dan tekanan pada suku kata, serta artikulasi yang tepat/lazim
  • Melafalkan bahasa Indonesia baku, termasuk lafal bahasa daerah yang dibedakan berdasarkan konsep lafal baku bahasa Indonesia

§ Menggunakan kata dan ungkapan yang sesuai dengan tuntut sitausi komunikasi secara tepat, menarik, dan kreatif

§ Memanfaatkan sinonim, atau parafrasa untuk menghindari pengulangan mubazir kata yang sama dalam satu kalimat/paragraf

§ Membedakan pemakaian kata bersinonim yang memiliki nuansa yang berbeda berdasarkan makna leskikal, kontekstual, situasional, makna struktural, metaforis

§ Menggunakan kata dan ungkapan yang sesuai dengan situasi komunikasi dalam hal ragam dan laras bahasa

§ Mengidentifikasi kalimat yang komunikatif tetapi tidak cermat dilihat dari kaidah bahasa, nalar, dan ketersampaian pesan

  • Mengidentifikasi kalimat yang tidak komunikatif tetapi cermat
  • Menggunakan kalimat yang komunikatif, cermat, dan santun dalam suatu pembicaraan




MATERI PEMBELAJARAN

  • Informasi dan contoh lafal ( termasuk Kamus Besar Bahasa Indoensia), tekanan, intonasi, dan jeda yang lazim/baku dan yang tidak .
  • Bentuk reaksi kinetik atau verbal bila mendengar pelafalan, tekanan, intonasi, atau jeda yang lazim/baku dan yang tidak.
  • Ciri-ciri sumber informasi dan yang bukan.
  • Pemilihan sumber informasi yang didengar.
  • Perbedaan fakta dan bukan fakta, yang umum dan yang spesifik, pemerian dan yang bukan.
  • Pembuatan catatan yang bersifat faktual, spesifik, dan rinci berdasarkan informasi yang didengar.
  • Konsep dan ciri-ciri ragam/laras bahasa disertai contoh.
  • Identifikasi ragam/laras bahasa yang tepat/tidak tepat.
  • Citi atau penanda kata/kalimat yang menunjukkan proses atau hasil
  • Pengenalan dengan cepat dan mantap informasi yng menunjukkan proses atau hasil.
  • Cara/teknik membaca cepat untuk pemahaman.
  • Konsep tentang sarana komunikasi, kesadaran berbahasa, dan sikap berbahasa yang positif.
  • Cara/teknik membuat catatan.
  • Cara/teknik menyusun bagian bacaan (eksposisi).
  • Informasi tentang hubungan seni berbahasa, sastra dan apresiasi.
  • Cara/teknik menafsirkan kata, bentuk kata, dan ungkapan idiomatik dengan tepat, dan pemanfaatan kamus.
  • Cara/teknik membaca cepat untuk pemahaman termasuk cara membaca grafis dan matriks.
  • Cara/teknik membuat catatan/konsep tentang sarana komunikasi kesadaran berbahasa dan sikap berbahasa yang positif.
  • Ciri penanda masalah, gaya tulisan, fakta, opini, proses ( imbuhan pe-an), dan hasil (imbuhan -an) yang terdapat dalam teks.
  • Konsep tentang sarana komunikasi, kesadaran berbahasa dan sikap berbahasa yang positif.
  • Informasi dan teknik membuat teks nonverbal.
  • Teknik membuat simpulan (induktif-deduktif) dan rumusan simpulan (singkat, padat, dan lugas).
  • Artikulasi bunyi.
  • Perbedaan makna sebagai kesalahan artikulasi bunyi
  • Konsep lafal baku bahasa Indonesia.
  • Cara memanfaatkan sinonim dalam kaitannya dengan konteks.
  • Makna leksikal, makna kontekstual (situasional), makna struktural, metaforis
  • Kalimat efektif.
  • Syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam sebuah kalimat: kaidah bahasa, nalar, ketersampaian pesan.
  • Contoh-contoh kalimat efektif.
  • Konsep dan pola intonasi, tekanan, nada, irama, dan jeda.
  • Teknik Membaca Indah.
  • Teknik Membaca Intensif.



TUJUAN PEMBELAJARAN


Siswa dapat :

  • Menyimak untuk memahami lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang lazim/baku dan yang tidak
  • Menyimak untuk memahami informasi lisan dalam konteks bermasyarakat
  • Membaca cepat untuk memahami informasi tertulis dalam konteks bermasyarakat
  • Memahami informasi tertulis dalam berbagai bentuk teks
  • Melafalkan kata dengan artikulasi yang tepat
  • Memilih kata, bentuk kata, dan ungkapan yang tepat
  • Menggunakan kalimat yang baik, tepat, dan santun
  • Mengucapkan kalimat dengan jelas, lancar, bernalar, dan wajar



METODE PEMBELAJARAN

  • Penugasan
  • Diskusi
  • Tanya Jawab
  • Unjuk kerja
  • Ceramah
  • Demonstrasi




LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN


Kegiatan Awal :

  • Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.
  • Membentuk kelompok diskusi

Kegiatan Inti :

  • Menyimak wacana monolog/dialog yang bertemakan sosial
  • Menunjukkan reaksi kinetik (menunjukkan sikap memperhatikan,mencatat) terhadap lafal, tekanan, intonasi dan jeda yang lazim/baku dan yang tidak
  • Mengomentari lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang lazim/baku dan yang tidak
  • Mengidentifikasi sumber informasi sesuai dengan wacana
  • Mencatat isi pokok informasi dan uraian lisan yang bersifat faktual, spesifik, dan rinci
  • Mengenal ragam/laras bahasa
  • Membedakan proses dan hasil dengan memeperhatikan ciri atau penanda kata/kalimat
  • Membaca cepat permulaan (120-150 kata) per menit
  • Membaca cepat lanjutan dengan menerapkan teknik memindai (scanning) dan layap (skimming) sehingga mencapai 230-250 kata per menit
  • Menemukan pokok-pokok yang menjadi isi bacaan
  • Menyusun pokok-pokok isi bacaan sesuai dengan teknik membuat catatan yang baik
  • Menjelaskan bagian bacaan tertentu sesuai dengan pokok-pokok isi bacaan yang telah ditemukan dengan bahasa sendiri
  • Mengumpulkan informasi dalam berbagai bentuk teks dari berbagai sumber
  • Mengidentifikasi sumber informasi dengan menggunakan cara/teknik membaca cepat untuk pemahaman
  • Mencatat isi pokok informasi dengan menggunakan cara/teknik membaut catatan yang benar
  • Mengidentifikasi jenis teks (narasi, deskripsi,dan eksposisi) dengan menggunakan cara/teknik membaca cepat untuk pemahaman
  • Memilih fakta dan opini dengan menggunakan cara/teknik membuat catatan
  • Memilah proses dan hasil dengan menggunakan cara/teknik membaca cepat dan cara/teknik membuat catatan
  • Menceritakan kembali informasi dari masalah yang telah teridentifikasi
  • Mengungkapkan gambar, bagn, grafik diagram, atau matriks secara verbal
  • Mengubah informasi verbal ke dalam bentuk nonverbal
  • Menyimpulkan informasi yang termasuk pendapat/opini
  • Menghadirkan nara sumber untuk menyampaikan informasi
  • Mengidentifikasi pelafalan kata yang tidak tepat
  • Melafalkan kata yang telah teridentifikasi itu dengan suara yang jelas dan tekanan pada suku kata, serta artikulasi yang tepat/lazim
  • Memperbaiki lafal bahasa Indonesia yang terpengaruh lafal bahasa daerah berdasarkan konsep baku bahasa Indonesia
  • Menentukan tema pembicaraan
  • § Menggunakan kata dan ungkapan yang sesuai dengan tuntutan tema permbicaraan secara tepat, menarik, dan kreatif
  • Mengklasifikasikan konteks kata yang termasuk ke dalam sinonim dan parafrasa dari konteks tema tersebut
  • Menggunakan sinonim dan parafrasa secara tepat

§ Membedakan pemakaian kata bersinonim yang memiliki nuansa yang berbeda berdasarkan makna leskikal, kontekstual, situasional, makna struktural, metaforis

  • Menggunakan kata dan ungkapan yang sesuai dengan situasi komunikasi dalam hal ragam dan laras bahasa
  • Menyimak pembicaraan dari suatu rekaman

§ Mengidentifikasi kalimat yang komunikatif tetapi tidak cermat dilihat dari kaidah bahasa, nalar, dan ketersampaian pesan

  • Mengidentifikasi kalimat yang tidak komunikatif tetapi cermat
  • Menyampaiakn informasi dengan menggunakan kalimat yang komunikatif, cermat, dan santun
  • Menyimak siaran/rekaman yang mempertunjukkan/ memperdengarkan contoh suatu pembicaraan

§ Membedakan penggunaan pola tekanan kata dan kalimat dari hasil rekaman yang diperdengarkan berdasarkan konsep dan pola serta intonasi, tekanan, nada, irama dan jeda yang benar

  • Memilih bacaan dari berbagai bentuk (lirik lagu, teks, pengumuman)
  • Membaca lirik lagu, naskah/teks, pengumuman/pidato dan sejenisnya dengan menggunakan tekanan, dan intonasi secara jelas dan tepat

Kegiatan Akhir :

  • Refleksi
  • Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.



SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN

  1. Rekaman
  2. Nara- sumber
  3. Modul Tingkat Semenjana
  4. Berbagai bentuk teks dari berbagai sumber (Prosa, Puisi/lirik lagu)
  5. Modul Bahasa Indonesia Tingkat Semenjana
  6. KBBI dan Kamus Idiom/Kamus Peribahasa
  7. Soedarso. (2002). Membaca Cepat (Speed Reading).
  8. Keraf, G. (1999). Diksi dan Gaya Bahasa
  9. Keraf,G. (1997). Naraasi dan Argu-mentasi
  10. Keraf, G. (1997). Eksposisi dan Deskripsi.
  11. Keraf,G. (1987). Komposisi
  12. Parera,J.D. Belajar Mengemu-kakan Pendapat.
  13. Koran
  14. Kamus Umum
  15. Kamus Khusus
  16. Lirik Lagu, Iklan, Teks
  17. Abdul Razak. (1992). Kalimat Efektif.
  18. Tarigan. (1987).Pengajaran Gaya Bahasa.
  19. Abdul Chaer. (1997). Semantik Bahasa Indonesia.
  20. Rekaman siaran dari radio/TV
  21. Anto Moeliono. Santun Berbahasa.



PENILAIAN

Jenis Tagihan:

  • Tugas individu
  • Ulangan


Bentuk Instrumen:

  • Uraian bebas
  • Pilihan ganda
  • Jawaban singkat






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar