STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
- Menyimak untuk memahami lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang lazim/baku dan yang tidak
- Menyimak untuk memahami informasi lisan dalam konteks bermasyarakat
- Membaca cepat untuk memahami informasi tertulis dalam konteks bermasyarakat
- Memahami informasi tertulis dalam berbagai bentuk teks
- Melafalkan kata dengan artikulasi yang tepat
- Memilih kata, bentuk kata, dan ungkapan yang tepat
- Menggunakan kalimat yang baik, tepat, dan santun
- Mengucapkan kalimat dengan jelas, lancar, bernalar, dan wajar
INDIKATOR
- Reaksi kinetik (menunjukkan sikap memperhatikan, mencatat) terhadap lafal, tekanan, intonasi dan jeda yang lazim/baku dan yang tidak
- Komentar atau ungkapan lisan terhadap lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang lazim/baku dan yang tidak
- Pengidentifikasian sumber informasi sesuai dengan wacana
- Pencatatan isi pokok informasi dan uraian lisan yang bersifat faktual, spesifik, dan rinci
- Pengenalan ragam/laras bahasa
- Pembedaan proses dan hasil dengan memperhatikan ciri atau penanda kata/kalimat
- Membaca cepat permulaan (120-150 kata) per menit
- Membaca cepat lanjutan dengan menerapkan teknik meminadai (scanning) dan layap (skimming) sehingga mencapai 230-250 kata per menit
- Membuat catatan pokok-pokok isi bacaan sesuai dengan cara/teknik membuat catatan
- Menjelaskan bagian bacaan tertentu secara rinci
- Mengidentifikasi sumber informasi dengan menggunakan cara/teknik membaca cepat untuk pemahaman
- Mencatat isi pokok informasi dengan menggunakan cara/teknik membaut catatan yang benar
- Mengidentifikasi jenis teks (narasi, deskripsi,dan eksposisi) dengan menggunakan cara/teknik membaca cepat untuk pemahaman
- Memilih fakta dan opini dengan menggunakan cara/teknik membuat catatan
- Memilah proses dan hasil dengan menggunakan cara/teknik membaca cepat dan cara/teknik membuat catatan
- Menceritakan kembali informasi dari masalah yang telah teridentifikasi
- Mengungkapkan gambar, bagan, grafik, diagram, atau matriks secara verbal
- Mengubah informasi verbal ke dalam bentuk nonverbal
- Menyimpulkan informasi yang termasuk pendapat/opini
- Mengucapkan kata dengan suara yang jelas dan tekanan pada suku kata, serta artikulasi yang tepat/lazim
- Melafalkan bahasa Indonesia baku, termasuk lafal bahasa daerah yang dibedakan berdasarkan konsep lafal baku bahasa Indonesia
§ Menggunakan kata dan ungkapan yang sesuai dengan tuntut sitausi komunikasi secara tepat, menarik, dan kreatif
§ Memanfaatkan sinonim, atau parafrasa untuk menghindari pengulangan mubazir kata yang sama dalam satu kalimat/paragraf
§ Membedakan pemakaian kata bersinonim yang memiliki nuansa yang berbeda berdasarkan makna leskikal, kontekstual, situasional, makna struktural, metaforis
§ Menggunakan kata dan ungkapan yang sesuai dengan situasi komunikasi dalam hal ragam dan laras bahasa
§ Mengidentifikasi kalimat yang komunikatif tetapi tidak cermat dilihat dari kaidah bahasa, nalar, dan ketersampaian pesan
- Mengidentifikasi kalimat yang tidak komunikatif tetapi cermat
- Menggunakan kalimat yang komunikatif, cermat, dan santun dalam suatu pembicaraan
MATERI PEMBELAJARAN
- Informasi dan contoh lafal ( termasuk Kamus Besar Bahasa Indoensia), tekanan, intonasi, dan jeda yang lazim/baku dan yang tidak .
- Bentuk reaksi kinetik atau verbal bila mendengar pelafalan, tekanan, intonasi, atau jeda yang lazim/baku dan yang tidak.
- Ciri-ciri sumber informasi dan yang bukan.
- Pemilihan sumber informasi yang didengar.
- Perbedaan fakta dan bukan fakta, yang umum dan yang spesifik, pemerian dan yang bukan.
- Pembuatan catatan yang bersifat faktual, spesifik, dan rinci berdasarkan informasi yang didengar.
- Konsep dan ciri-ciri ragam/laras bahasa disertai contoh.
- Identifikasi ragam/laras bahasa yang tepat/tidak tepat.
- Citi atau penanda kata/kalimat yang menunjukkan proses atau hasil
- Pengenalan dengan cepat dan mantap informasi yng menunjukkan proses atau hasil.
- Cara/teknik membaca cepat untuk pemahaman.
- Konsep tentang sarana komunikasi, kesadaran berbahasa, dan sikap berbahasa yang positif.
- Cara/teknik membuat catatan.
- Cara/teknik menyusun bagian bacaan (eksposisi).
- Informasi tentang hubungan seni berbahasa, sastra dan apresiasi.
- Cara/teknik menafsirkan kata, bentuk kata, dan ungkapan idiomatik dengan tepat, dan pemanfaatan kamus.
- Cara/teknik membaca cepat untuk pemahaman termasuk cara membaca grafis dan matriks.
- Cara/teknik membuat catatan/konsep tentang sarana komunikasi kesadaran berbahasa dan sikap berbahasa yang positif.
- Ciri penanda masalah, gaya tulisan, fakta, opini, proses ( imbuhan pe-an), dan hasil (imbuhan -an) yang terdapat dalam teks.
- Konsep tentang sarana komunikasi, kesadaran berbahasa dan sikap berbahasa yang positif.
- Informasi dan teknik membuat teks nonverbal.
- Teknik membuat simpulan (induktif-deduktif) dan rumusan simpulan (singkat, padat, dan lugas).
- Artikulasi bunyi.
- Perbedaan makna sebagai kesalahan artikulasi bunyi
- Konsep lafal baku bahasa Indonesia.
- Cara memanfaatkan sinonim dalam kaitannya dengan konteks.
- Makna leksikal, makna kontekstual (situasional), makna struktural, metaforis
- Kalimat efektif.
- Syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam sebuah kalimat: kaidah bahasa, nalar, ketersampaian pesan.
- Contoh-contoh kalimat efektif.
- Konsep dan pola intonasi, tekanan, nada, irama, dan jeda.
- Teknik Membaca Indah.
- Teknik Membaca Intensif.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat :
- Menyimak untuk memahami lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang lazim/baku dan yang tidak
- Menyimak untuk memahami informasi lisan dalam konteks bermasyarakat
- Membaca cepat untuk memahami informasi tertulis dalam konteks bermasyarakat
- Memahami informasi tertulis dalam berbagai bentuk teks
- Melafalkan kata dengan artikulasi yang tepat
- Memilih kata, bentuk kata, dan ungkapan yang tepat
- Menggunakan kalimat yang baik, tepat, dan santun
- Mengucapkan kalimat dengan jelas, lancar, bernalar, dan wajar
METODE PEMBELAJARAN
- Penugasan
- Diskusi
- Tanya Jawab
- Unjuk kerja
- Ceramah
- Demonstrasi
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal :
- Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.
- Membentuk kelompok diskusi
Kegiatan Inti :
- Menyimak wacana monolog/dialog yang bertemakan sosial
- Menunjukkan reaksi kinetik (menunjukkan sikap memperhatikan,mencatat) terhadap lafal, tekanan, intonasi dan jeda yang lazim/baku dan yang tidak
- Mengomentari lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang lazim/baku dan yang tidak
- Mengidentifikasi sumber informasi sesuai dengan wacana
- Mencatat isi pokok informasi dan uraian lisan yang bersifat faktual, spesifik, dan rinci
- Mengenal ragam/laras bahasa
- Membedakan proses dan hasil dengan memeperhatikan ciri atau penanda kata/kalimat
- Membaca cepat permulaan (120-150 kata) per menit
- Membaca cepat lanjutan dengan menerapkan teknik memindai (scanning) dan layap (skimming) sehingga mencapai 230-250 kata per menit
- Menemukan pokok-pokok yang menjadi isi bacaan
- Menyusun pokok-pokok isi bacaan sesuai dengan teknik membuat catatan yang baik
- Menjelaskan bagian bacaan tertentu sesuai dengan pokok-pokok isi bacaan yang telah ditemukan dengan bahasa sendiri
- Mengumpulkan informasi dalam berbagai bentuk teks dari berbagai sumber
- Mengidentifikasi sumber informasi dengan menggunakan cara/teknik membaca cepat untuk pemahaman
- Mencatat isi pokok informasi dengan menggunakan cara/teknik membaut catatan yang benar
- Mengidentifikasi jenis teks (narasi, deskripsi,dan eksposisi) dengan menggunakan cara/teknik membaca cepat untuk pemahaman
- Memilih fakta dan opini dengan menggunakan cara/teknik membuat catatan
- Memilah proses dan hasil dengan menggunakan cara/teknik membaca cepat dan cara/teknik membuat catatan
- Menceritakan kembali informasi dari masalah yang telah teridentifikasi
- Mengungkapkan gambar, bagn, grafik diagram, atau matriks secara verbal
- Mengubah informasi verbal ke dalam bentuk nonverbal
- Menyimpulkan informasi yang termasuk pendapat/opini
- Menghadirkan nara sumber untuk menyampaikan informasi
- Mengidentifikasi pelafalan kata yang tidak tepat
- Melafalkan kata yang telah teridentifikasi itu dengan suara yang jelas dan tekanan pada suku kata, serta artikulasi yang tepat/lazim
- Memperbaiki lafal bahasa Indonesia yang terpengaruh lafal bahasa daerah berdasarkan konsep baku bahasa Indonesia
- Menentukan tema pembicaraan
- § Menggunakan kata dan ungkapan yang sesuai dengan tuntutan tema permbicaraan secara tepat, menarik, dan kreatif
- Mengklasifikasikan konteks kata yang termasuk ke dalam sinonim dan parafrasa dari konteks tema tersebut
- Menggunakan sinonim dan parafrasa secara tepat
§ Membedakan pemakaian kata bersinonim yang memiliki nuansa yang berbeda berdasarkan makna leskikal, kontekstual, situasional, makna struktural, metaforis
- Menggunakan kata dan ungkapan yang sesuai dengan situasi komunikasi dalam hal ragam dan laras bahasa
- Menyimak pembicaraan dari suatu rekaman
§ Mengidentifikasi kalimat yang komunikatif tetapi tidak cermat dilihat dari kaidah bahasa, nalar, dan ketersampaian pesan
- Mengidentifikasi kalimat yang tidak komunikatif tetapi cermat
- Menyampaiakn informasi dengan menggunakan kalimat yang komunikatif, cermat, dan santun
- Menyimak siaran/rekaman yang mempertunjukkan/ memperdengarkan contoh suatu pembicaraan
§ Membedakan penggunaan pola tekanan kata dan kalimat dari hasil rekaman yang diperdengarkan berdasarkan konsep dan pola serta intonasi, tekanan, nada, irama dan jeda yang benar
- Memilih bacaan dari berbagai bentuk (lirik lagu, teks, pengumuman)
- Membaca lirik lagu, naskah/teks, pengumuman/pidato dan sejenisnya dengan menggunakan tekanan, dan intonasi secara jelas dan tepat
Kegiatan Akhir :
- Refleksi
- Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.
SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN
- Rekaman
- Nara- sumber
- Modul Tingkat Semenjana
- Berbagai bentuk teks dari berbagai sumber (Prosa, Puisi/lirik lagu)
- Modul Bahasa Indonesia Tingkat Semenjana
- KBBI dan Kamus Idiom/Kamus Peribahasa
- Soedarso. (2002). Membaca Cepat (Speed Reading).
- Keraf, G. (1999). Diksi dan Gaya Bahasa
- Keraf,G. (1997). Naraasi dan Argu-mentasi
- Keraf, G. (1997). Eksposisi dan Deskripsi.
- Keraf,G. (1987). Komposisi
- Parera,J.D. Belajar Mengemu-kakan Pendapat.
- Koran
- Kamus Umum
- Kamus Khusus
- Lirik Lagu, Iklan, Teks
- Abdul Razak. (1992). Kalimat Efektif.
- Tarigan. (1987).Pengajaran Gaya Bahasa.
- Abdul Chaer. (1997). Semantik Bahasa Indonesia.
- Rekaman siaran dari radio/TV
- Anto Moeliono. Santun Berbahasa.
PENILAIAN
Jenis Tagihan:
- Tugas individu
- Ulangan
Bentuk Instrumen:
- Uraian bebas
- Pilihan ganda
- Jawaban singkat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar