Jumat, 09 April 2010

Menyimak Untuk Menyimpulkan Informasi Yang Tidak Bersifat Perintah Dalam Konteks Bekerja


Standar Kompetensi


Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat Madia


Kompetensi Dasar


Menyimak untuk menyimpulkan informasi yang tidak bersifat perintah dalam konteks bekerja


Indikator

  1. Mengubah informasi dari bentuk lisan ke dalam bentuknon-verbal (bagan/tabel/diagram/ grafik/ denah/matriks)
  2. Menyampaikann pendapat/opini dengan menggunakan teknik penyampaian simpulan dan pendapat yang akurat secara deduktif atau induktif.
  3. Menggunakan bahasa Indoensia yang baik dan benar dalam menyimpulkan sesuatu informasi


Materi Ajar (Materi Pokok)

  1. Teknik membuat catatan verbal, dan non-verbal sebagai dasar untuk membuat simpulan (lisan/tertulis)
  2. Teknik menyimpulkan secara induktif dan deduktif
  3. Teknik menyampaikansimpulan dan pendapat
  4. Teknik membuat simpulan lisan maupun tulisan dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar, termasuk di dalamnya kesadaran berbahasa/sikap berbahasa yang positif


Metode Pembelajaran


- Ceramah , tanya jawab dan Praktek


Tujuan Pembelajaran


Siswa diharapkan untuk :

  • Mengubah informasi dari bentuk lisan ke dalam bentuknon-verbal (bagan/tabel/diagram/ grafik/ denah/matriks)
  • Menyampaikann pendapat/opini dengan menggunakan teknik penyampaian simpulan dan pendapat yang akurat secara deduktif atau induktif.
  • Menggunakan bahasa Indoensia yang baik dan benar dalam menyimpulkan sesuatu informasi


Langkah-Langkah Kegiatan


a. Kegiatan Awal

  • Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran kemudian berdoĆ” bersama sebelum memulai pelajaran.
  • Siswa menyiapkan buku penunjang materi
  • Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.


b. Kegiatan Inti


Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
  • Menyimak berbagai informasi yang disampaikan secara lisan tentang bahasa sebagai sarana berkomunikasi dan alat berpikir, bahasa sebagai unsur dan pengembang kebudayaan, serta kedudukan dan fungsi bahasa Indoensia, bahasa daerah, dan bahasa asing di Indonesia
  • Mencatat ide-ide pokok dari informasi yang disimaknya
  • Mengubah informasi ke dalam bentuk non-verbal
  • Menyusun simpulan secara deduktif/induktif dari informasi yang terdapat dalam teks non-verbal yang dibuatnya.
  • Menyampaikan simpulan informasi tentang isi teks non-verbal yang dibuatnya dengan menggunakan bahasa Indoensia yang baik dan benar


c. Kegiatan Akhir (Penutup)

  • Guru meminta agar para siswa sekali lagi menjelaskan secara singkat materi yang diajarkan sebagai penutup materi pembelajaran.
  • Guru meminta agar para siswa rajin mempelajari, menyimak , menyimpulkan informasi yang tidak bersifat perintah dalam konteks bekerja.
  • Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan memberikan tugas .



Penilaian

· Jenis tes:

o lisan

o tulisan

o perbuatan

· Bentuk tes:

o objektif

o uraian



Bahan/Sumber Belajar

· Bahan simakan: rekaman, khutbah, dialog dsb.

· Modul B. Ind. tkt. Madia

· Keraf.G. (1987).Argumentasi dan Narasi.

· Bambang Kaswati P. (1992).Teknik Menulis Laporan

· Parera,J.D. (1987).Belajar Mengemukakan Pendapat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar