Standar Kompetensi
Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat Madia.
Kompetensi Dasar
Membaca untuk memahami makna kata, bentuk kata, ungkapan, dan kalimat dalam konteks bekerja
Indikator 
- Mengelompokkan kata, bentuk kata, ungkapan, dan kalimat berdasarkan kelas kata dan makna kata
- Mendaftar kata-kata yang berpotensi memiliki sinonim      dan antonim dalam teks bacaan
- Mengidentifikasi kata (termasuk bentuk kata baru),      frasa, kalimat yang dipersoalkan kebenaran/ ketepatannya      (diterima/ditolak) berdasarkan paradigma atau analogi
- Mengidentifikasi kata, frasa, kalimat atau bentuk kata baru yang perlu dipersoalkan kebenarannya/ketepatannya (diterima/ditolak) beradsarkan kaidah atau kelaziman
Materi Ajar (Materi Pokok)
- Informasi mengenai hubungan antara makna kata, bentuk kata, dan pemakaian kata dalam konteks bekerja
-  Peran dan manfaat kamus dalm belajar bahasa dan dalam kehidupan berbahasa dan bernegara
- Proses pembentukan kata baru
- Relasi makna (sinonim, dan antonim), ungkapan idiomatik, dan bentuk kata
Metode Pembelajaran
- Ceramah , tanya jawab, dan Praktek
Tujuan Pembelajaran
Siswa diharapkan untuk :
- Mengelompokkan kata, bentuk kata, ungkapan, dan kalimat berdasarkan kelas kata dan makna kata
- Mendaftar kata-kata yang berpotensi memiliki sinonim dan antonim dalam teks bacaan
- Mengidentifikasi kata (termasuk bentuk kata baru), frasa, kalimat yang dipersoalkan kebenaran/ ketepatannya (diterima/ditolak) berdasarkan paradigma atau analogi
- Mengidentifikasi kata, frasa, kalimat atau bentuk kata baru yang perlu dipersoalkan kebenarannya/ketepatannya (diterima/ditolak) beradsarkan kaidah atau kelaziman
Langkah-Langkah Kegiatan
 
a.         Kegiatan Awal
- Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran kemudian berdoĆ” bersama sebelum memulai pelajaran. 
- Siswa menyiapkan buku penunjang  materi
- Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.
b. Kegiatan Inti
- Membaca teks yang bertemakan “lingkungan kerja”
- Mengelompokkan kata, bentuk kata, ungkapan, dan kalimat berdasarkan kelas kata dan makna kata
- Mendaftar kata-kata yang berpotensi memiliki sinonim dan antonim dalam teks bacaan
- Mengidentifikasi kata (termasuk bentuk kata baru), frasa, kalimat yang dipersoalkan kebenaran/ ketepatannya (diterima/ditolak) berdasarkan paradigma atau analogi
- Mengidentifikasi kata, frasa, kalimat atau bentuk kata baru yang perlu dipersoalkan kebenarannya/ketepatannya (diterima/ditolak) beradsarkan kaidah atau kelaziman
c.            Kegiatan Akhir (Penutup)
- Guru meminta agar para siswa sekali lagi menjelaskan secara singkat materi yang diajarkan  sebagai penutup materi pembelajaran.
- Guru meminta agar para siswa rajin mempelajari  makna kata, bentuk kata, ungkapan, dan kalimat dalam konteks bekerja.
- Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan memberikan tugas .
Penilaian    
·         Jenis tes:
o   lisan
o   tulisan
o perbuatan
·         Bentuk tes:
o   objektif
o   uraian
Bahan/Sumber Belajar
- KBBI
- Kamus Idiom, Kamus Sinonim-Antonim
-  Karya Sastra dalam bentuk yang beragam
- Surat Kabar/Majalah
- Lirik Lagu
- Tarigan,H.G. (1985). Pengajaran Semantik.
 
thank's gan sangat membantu
BalasHapus