Sabtu, 10 April 2010

Membaca Untuk Memahami Makna Kata, Bentuk Kata, Ungkapan, dan Kalimat Dalam Konteks Bekerja

Standar Kompetensi


Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat Madia.


Kompetensi Dasar


Membaca untuk memahami makna kata, bentuk kata, ungkapan, dan kalimat dalam konteks bekerja


Indikator

  1. Mengelompokkan kata, bentuk kata, ungkapan, dan kalimat berdasarkan kelas kata dan makna kata
  2. Mendaftar kata-kata yang berpotensi memiliki sinonim dan antonim dalam teks bacaan
  3. Mengidentifikasi kata (termasuk bentuk kata baru), frasa, kalimat yang dipersoalkan kebenaran/ ketepatannya (diterima/ditolak) berdasarkan paradigma atau analogi
  4. Mengidentifikasi kata, frasa, kalimat atau bentuk kata baru yang perlu dipersoalkan kebenarannya/ketepatannya (diterima/ditolak) beradsarkan kaidah atau kelaziman


Materi Ajar (Materi Pokok)


  • Informasi mengenai hubungan antara makna kata, bentuk kata, dan pemakaian kata dalam konteks bekerja
  • Peran dan manfaat kamus dalm belajar bahasa dan dalam kehidupan berbahasa dan bernegara
  • Proses pembentukan kata baru
  • Relasi makna (sinonim, dan antonim), ungkapan idiomatik, dan bentuk kata


Metode Pembelajaran


- Ceramah , tanya jawab, dan Praktek


Tujuan Pembelajaran


Siswa diharapkan untuk :

  • Mengelompokkan kata, bentuk kata, ungkapan, dan kalimat berdasarkan kelas kata dan makna kata
  • Mendaftar kata-kata yang berpotensi memiliki sinonim dan antonim dalam teks bacaan
  • Mengidentifikasi kata (termasuk bentuk kata baru), frasa, kalimat yang dipersoalkan kebenaran/ ketepatannya (diterima/ditolak) berdasarkan paradigma atau analogi
  • Mengidentifikasi kata, frasa, kalimat atau bentuk kata baru yang perlu dipersoalkan kebenarannya/ketepatannya (diterima/ditolak) beradsarkan kaidah atau kelaziman


Langkah-Langkah Kegiatan


a. Kegiatan Awal

  • Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran kemudian berdoĆ” bersama sebelum memulai pelajaran.
  • Siswa menyiapkan buku penunjang materi
  • Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.

b. Kegiatan Inti


Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
  • Membaca teks yang bertemakan “lingkungan kerja”
  • Mengelompokkan kata, bentuk kata, ungkapan, dan kalimat berdasarkan kelas kata dan makna kata
  • Mendaftar kata-kata yang berpotensi memiliki sinonim dan antonim dalam teks bacaan
  • Mengidentifikasi kata (termasuk bentuk kata baru), frasa, kalimat yang dipersoalkan kebenaran/ ketepatannya (diterima/ditolak) berdasarkan paradigma atau analogi
  • Mengidentifikasi kata, frasa, kalimat atau bentuk kata baru yang perlu dipersoalkan kebenarannya/ketepatannya (diterima/ditolak) beradsarkan kaidah atau kelaziman


c. Kegiatan Akhir (Penutup)

  • Guru meminta agar para siswa sekali lagi menjelaskan secara singkat materi yang diajarkan sebagai penutup materi pembelajaran.
  • Guru meminta agar para siswa rajin mempelajari makna kata, bentuk kata, ungkapan, dan kalimat dalam konteks bekerja.
  • Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan memberikan tugas .


Penilaian


· Jenis tes:

o lisan

o tulisan

o perbuatan


· Bentuk tes:

o objektif

o uraian


Bahan/Sumber Belajar

  • KBBI
  • Kamus Idiom, Kamus Sinonim-Antonim
  • Karya Sastra dalam bentuk yang beragam
  • Surat Kabar/Majalah
  • Lirik Lagu
  • Tarigan,H.G. (1985). Pengajaran Semantik.



1 komentar: