Sabtu, 10 April 2010

Menyimak Untuk Memahami Perintah Yang Diungkapkan Atau Yang Tidak Dalam Konteks Bekerja


Standar Kompetensi


Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat Madia



Kompetensi Dasar

Menyimak untuk memahami perintah yang diungkapkan atau yang tidak dalam konteks bekerja


Indikator

  1. Merumuskan kembali isi perintah (secara lisan, maupun tulisan).
  2. Menuliskan kembali isi perintah dalam bentuk kerangka atau bagan.
  3. Menyebutkan kegiatan yang akan dilakukan berdasarkan isi perintah secara lisan/tertulis.
  4. Mengonfirmasikan kebenaran rencana kegiatan yang telah direncanakan dengan rencana pemberi perintah.


Materi Ajar (Materi Pokok)

  1. Kiat mengenali perintah lisan, seperti intonasi dan tekanan.
  2. Kiat merumuskan perintah atau rencana tindak lanjut dalam bentuk kerangka, atau bagan


Metode Pembelajaran


- Ceramah , tanya jawab dan Praktek


Tujuan Pembelajaran


Siswa diharapkan untuk :

  • Merumuskan kembali isi perintah (secara lisan, maupun tulisan).
  • Menuliskan kembali isi perintah dalam bentuk kerangka atau bagan.
  • Menyebutkan kegiatan yang akan dilakukan berdasarkan isi perintah secara lisan/tertulis.
  • Mengonfirmasikan kebenaran rencana kegiatan yang telah direncanakan dengan rencana pemberi perintah.


Langkah-Langkah Kegiatan


a. Kegiatan Awal
  • Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran kemudian berdoĆ” bersama sebelum memulai pelajaran.
  • Siswa menyiapkan buku penunjang materi
  • Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.


b. Kegiatan Inti

Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:

  • Menyimak perintah dari pemberi perintah/narasumber
  • Merumuskan isi perintah secara berkelompok
  • Menindaklanjuti isi perintah dalam bentuk kerangka atau bagan
  • Menjelaskan isi perintah yang terdapat dalam kerangka atau bagan.
  • Mengonfirmasikan kebenaran rencana kegiatan yang akan dilakukan kepada pemberi perintah


c. Kegiatan Akhir (Penutup)

  • Guru meminta agar para siswa sekali lagi menjelaskan secara singkat materi yang diajarkan sebagai penutup materi pembelajaran.
  • Guru meminta agar para siswa rajin mempelajari, menyimak , memahami perintah yang diungkapkan atau yang tidak dalam konteks bekerja.
  • Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan memberikan tugas .


Penilaian


· Jenis tes:

o lisan

o tulisan

o perbuatan

· Bentuk tes:

o objektif

o uraian


Bahan/Sumber Belajar

- Nara sumber

- Modul Bahsa Indonesia Tkt. Madia.


Referensi yang Menunjang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar