Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
- Merumuskan kembali isi perintah (secara lisan, maupun tulisan).
- Menuliskan kembali isi perintah dalam bentuk kerangka atau bagan.
- Menyebutkan kegiatan yang akan dilakukan berdasarkan isi perintah secara lisan/tertulis.
- Mengonfirmasikan kebenaran rencana kegiatan yang telah direncanakan dengan rencana pemberi perintah.
Materi Ajar (Materi Pokok)
- Kiat mengenali perintah lisan, seperti intonasi dan tekanan.
- Kiat merumuskan perintah atau rencana tindak lanjut dalam bentuk kerangka, atau bagan
Metode Pembelajaran
- Ceramah , tanya jawab dan Praktek
Tujuan Pembelajaran
Siswa diharapkan untuk :
- Merumuskan kembali isi perintah (secara lisan, maupun tulisan).
- Menuliskan kembali isi perintah dalam bentuk kerangka atau bagan.
- Menyebutkan kegiatan yang akan dilakukan berdasarkan isi perintah secara lisan/tertulis.
- Mengonfirmasikan kebenaran rencana kegiatan yang telah direncanakan dengan rencana pemberi perintah.
Langkah-Langkah Kegiatan
- Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran kemudian berdoĆ” bersama sebelum memulai pelajaran.
- Siswa menyiapkan buku penunjang materi
- Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.
b. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
- Menyimak perintah dari pemberi perintah/narasumber
- Merumuskan isi perintah secara berkelompok
- Menindaklanjuti isi perintah dalam bentuk kerangka atau bagan
- Menjelaskan isi perintah yang terdapat dalam kerangka atau bagan.
- Mengonfirmasikan kebenaran rencana kegiatan yang akan dilakukan kepada pemberi perintah
c. Kegiatan Akhir (Penutup)
- Guru meminta agar para siswa sekali lagi menjelaskan secara singkat materi yang diajarkan sebagai penutup materi pembelajaran.
- Guru meminta agar para siswa rajin mempelajari, menyimak , memahami perintah yang diungkapkan atau yang tidak dalam konteks bekerja.
- Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan memberikan tugas .
Penilaian
· Jenis tes:
o lisan
o tulisan
o perbuatan
· Bentuk tes:
o objektif
o uraian
Bahan/Sumber Belajar
- Nara sumber
- Modul Bahsa Indonesia Tkt. Madia.
Referensi yang Menunjang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar