Sabtu, 10 April 2010

Memahami Perintah Kerja Tertulis

Standar Kompetensi


Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat Madia.


Kompetensi Dasar

Memahami perintah kerja tertulis


Indikator

  • Mengenali informasi yang berkaitan dengan budaya kerja yang berlaku di tempat kerja
  • Merencanakan tindak lanjut perintah berdasarkan catatan yang dibuat pada waktu membaca informasi dari perintah kerja tertulis
  • Membuat bagan/ prosedur kerja berdasarkan perintah kerja tertulis
  • Mengonfirmasikan rencana kegiatan yang akan dilakukan (secar lisan/tulisan) kepada pemberi perintah


Materi Ajar (Materi Pokok)

  1. Teks Perintah Kerja Tertulis (Surat Edaran, Pengumuman, Memo, Disposisi, Buku Manual Kerja)
  2. Informasi mengenai kebiasaan peraturan atau budaya kerja yang berlaku di tempat bekerja
  3. Kiat menyikapi perintah kerja yang maksudnya sama tetapi dirumuskan dalam bentuk dan redaksi yang berbeda


Metode Pembelajaran

- Ceramah, tanya jawab, dan Praktek


Tujuan Pembelajaran

Siswa diharapkan untuk :

  1. Mengenali informasi yang berkaitan dengan budaya kerja yang berlaku di tempat kerja
  2. Merencanakan tindak lanjut perintah berdasarkan catatan yang dibuat pada waktu membaca informasi dari perintah kerja tertulis
  3. Membuat bagan/ prosedur kerja berdasarkan perintah kerja tertulis.
  4. Mengonfirmasikan rencana kegiatan yang akan dilakukan (secar lisan/tulisan) kepada pemberi perintah.


Langkah-Langkah Kegiatan


a. Kegiatan Awal

  • Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran kemudian berdoĆ” bersama sebelum memulai pelajaran.
  • Siswa menyiapkan buku penunjang materi
  • Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.


b. Kegiatan Inti


Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:

  • Membaca perintah kerja tertulis
  • Mengidentifikasi pokok perintah
  • Merencanakan tindak lanjut perintah berdasarkan catatan yang dibuat pada waktu membaca perintah kerja tertulis
  • Membuat bagan/ prosedur kerja berdasarkan perintah kerja tertulis
  • Mengonfirmasikan rencana kegiatan yang akan dilakukan (secara lisan/tulisan) kepada pemberi perintah
  • Merevisi rencana kegiatan sesuai arahan dari pemberi perintah


c. Kegiatan Akhir (Penutup)


  • Guru meminta agar para siswa sekali lagi menjelaskan secara singkat materi yang diajarkan sebagai penutup materi pembelajaran.
  • Guru meminta agar para siswa rajin mempelajari perintah kerja tertulis.
  • Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan memberikan tugas .


Penilaian


· Jenis tes:

o lisan

o tulisan

o perbuatan

· Bentuk tes:

o objektif

o uraian


Bahan/Sumber Belajar


  1. Modul B. Ind. tkt. Madia
  2. Lamudin Finoza. (2002). Surat Menyurat Resmi Indonesia
  3. Buku Manual Kerja
  4. KBBI
  5. Tim Depdiknas. Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar