Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Memahami perintah kerja tertulis
Indikator
- Mengenali informasi yang berkaitan dengan budaya kerja yang berlaku di tempat kerja
- Merencanakan tindak lanjut perintah berdasarkan catatan yang dibuat pada waktu membaca informasi dari perintah kerja tertulis
- Membuat bagan/ prosedur kerja berdasarkan perintah kerja tertulis
- Mengonfirmasikan rencana kegiatan yang akan dilakukan (secar lisan/tulisan) kepada pemberi perintah
Materi Ajar (Materi Pokok)
- Teks Perintah Kerja Tertulis (Surat Edaran, Pengumuman, Memo, Disposisi, Buku Manual Kerja)
- Informasi mengenai kebiasaan peraturan atau budaya kerja yang berlaku di tempat bekerja
- Kiat menyikapi perintah kerja yang maksudnya sama tetapi dirumuskan dalam bentuk dan redaksi yang berbeda
Metode Pembelajaran
- Ceramah, tanya jawab, dan Praktek
Tujuan Pembelajaran
Siswa diharapkan untuk :
- Mengenali informasi yang berkaitan dengan budaya kerja yang berlaku di tempat kerja
- Merencanakan tindak lanjut perintah berdasarkan catatan yang dibuat pada waktu membaca informasi dari perintah kerja tertulis
- Membuat bagan/ prosedur kerja berdasarkan perintah kerja tertulis.
- Mengonfirmasikan rencana kegiatan yang akan dilakukan (secar lisan/tulisan) kepada pemberi perintah.
Langkah-Langkah Kegiatan
a. Kegiatan Awal
- Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran kemudian berdoĆ” bersama sebelum memulai pelajaran.
- Siswa menyiapkan buku penunjang materi
- Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.
b. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
- Membaca perintah kerja tertulis
- Mengidentifikasi pokok perintah
- Merencanakan tindak lanjut perintah berdasarkan catatan yang dibuat pada waktu membaca perintah kerja tertulis
- Membuat bagan/ prosedur kerja berdasarkan perintah kerja tertulis
- Mengonfirmasikan rencana kegiatan yang akan dilakukan (secara lisan/tulisan) kepada pemberi perintah
- Merevisi rencana kegiatan sesuai arahan dari pemberi perintah
c. Kegiatan Akhir (Penutup)
- Guru meminta agar para siswa sekali lagi menjelaskan secara singkat materi yang diajarkan sebagai penutup materi pembelajaran.
- Guru meminta agar para siswa rajin mempelajari perintah kerja tertulis.
- Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan memberikan tugas .
Penilaian
· Jenis tes:
o lisan
o tulisan
o perbuatan
· Bentuk tes:
o objektif
o uraian
Bahan/Sumber Belajar
- Modul B. Ind. tkt. Madia
- Lamudin Finoza. (2002). Surat Menyurat Resmi Indonesia
- Buku Manual Kerja
- KBBI
- Tim Depdiknas. Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar